Negeri Finlandia Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia



Negara urutan pertama yang menyandang status sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Finlandia. Selama bertahun-tahun Finlandia telah menjadi kiblat pendidikan di dunia. Beberapa badan survey global juga menempatkan Negara Finlandia sebagai salah satu negara dengan kualitas hidup nomor satu di dunia. Salah satu hal yang membuat negara ini sukses dalam hal pendidikan adalah adanya andil yang besar dari pemerintah. Pemerintah Finlandia sangat serius dalam mengawasi dan menumbuhkembangkan sistem pendidikan di negaranya.

Beberapa kriteria yang menjadikan Finlandia sukses dalam sistem pendidikan adalah tidak adanya tugas atau pekerjaan rumah yang berlebihan sehingga para siswa tidak terlalu terbebani atau tertekan dengan hal-hal yang justru menghambat potensi dalam diri mereka. Kemudian juga pilihan sekolah di Finlandia  hanya sedikit, hal ini memungkinkan para siswa tidak bingung dalam menentukan sekolah mana yang harus dia masuki karena semua sekolah sama kualitas dan derajatnya dan tidak ada status istimewa atau diunggulkan, semua sama baiknya. Kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan juga fleksibel, dan hal ini tentu membuat guru menjadi lebih leluasa dan enak dalam mengoptimalkan kemampuan atau bakat dalam diri siswa karena tidak terlalu terikat dengan kurikulum pendidikan sekolah. Di Finlandia juga tidak terdapat Ujian Nasional, karena pemerintah  disana yakin setiap hari yang para siswa pelajari di sekolah adalah akan menjadi ilmu yang berguna di kemudian hari, bukan seperti Ujian Nasional di Indonesia yang justru menjadi momok bagi kebanyakan pelajar sehingga terkadang membuat stress dan tertekan mentalnya.


 (photo : blogspot.com)

Kemudian,  hal yang paling menentukan dalam suskesnya sistem pendidikan di Finlandia adalah kualitas guru. Kualitas guru atau pengajar di Finlandia sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan kualitas guru yang mumpuni dan tentu mengerti apa yang harus dikerjakan oleh siswanya untuk menjadikan mereka berkembang, maka kualitas guru yang baik dan berkualitas di Finlandia menjadi aspek penting bagi perkembangan sistem pendidikan di negaranya.

Dan untuk kegiatan belajar mengajar, bagi setiap siswa dibebaskan untuk menentukan jadwal materi apa yang harus atau ingin dia ikuti menurut kemampuan dia dalam menguasai materi. Jadi, di Finlandia para guru memberi kebebasan bagi para siswa untuk menentukan jadwal materi sesuai yang di kuasai dan inginkan. Sistem inilah yang menjadikan Finlandia menduduki puncak sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dan yang perlu kita ketahui adalah bahwa angka ketidaklulusan di negara ini setiap tahunnya tidak pernah lebih dari 2 persen. Angka yang cukup fantastis untuk ukuran kelulusan dalam satu negara. 


 (photo : politehnika.com)

Evaluasi pembelajaran setiap tahun di Finlandia langsung ditangani oleh pihak sekolah dan pengajar, sehingga tidak ada intervensi dari pemerintah. Sekolah dan guru berkuasa penuh untuk menyusun kurikulum yang terbaik untuk para siswanya. Karena di Finlandia guru dianggap sebagai sosok yang paling mengerti dalam kemajuan siswanya. Dan tahukan kamu, bahwa semua guru yang mengajar di Finlandia adalah mereka yang terpilih, karena untuk menjadi seorang guru di Finlandia tidak semua orang bisa ikut dan lolos seleksi. Guru di Finlandia adalah mereka yang masuk dalam lulusan terbaik dari masing-masing perguruan tinggi dan harus masuk 10 besar rangking di perguruan tinggi. Maka dari itu menjadi seorang guru di Finlandia tidak mudah karena memang harus memiliki kemampuan dan kecerdasan yang nantinya akan berdampak untuk generasi muda yang akan datang di negaranya. Dan juga gaji menjadi seorang guru di Finlandia tergolong tinggi.


 (photo : blogspot.com)

Dan berikut adalah beberapa hal penting mengapa Finlandia menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia :

1. Anak-anak di Finlandia belum masuk dunia pendidikan sebelum mereka mencapai umur 7 tahun (kita bandingkan dengan negara kita yang justru kebanyakan orang tua bangga jika anaknya sudah mulai sekolah pada umur di bawah 7 tahun).

2. Tidak dibebani dengan tugas-tugas, PR dan ujian, sampai mereka mencapai usia remaja (lihat fakta pendidikan di negeri kita yang anak-anak sekolah dibebani dengan berbagai tugas setiap harinya, belum lagi PR yang harus dikerjakan dan selesai dalam satu malam, dan bahkan ujian yang terkadang menjadikan para murid stress dan tertekan).

3. Hanya ada satu tes standar wajib yang harus diikuti oleh siswa di Finlandia, adalah saat mereka masuk usia remaja yaitu usia 16 tahun (kita lihat di Indonesia, bahkan sekarang untuk masuk Sekolah Dasar saja sudah ada beberapa tes khusus yang diberikan oleh pihak sekolah, kemudian juga untuk masuk SMP berbagai tes diwajibkan untuk diikuti mulai dari Tes Tulis, Wawancara, Potensial Akademik dan lainnya).

4. Tidak adanya kelas istimewa atau unggulan dalam semua sekolah, karena semuanya dianggap sama dan memiliki kualitas yang sama baiknya yaitu mereka yakin pendidikan yang mereka ambil adalah yang terbaik sehingga tidak ada saling unggul-unggulan dalam hal pendidikan (dan di Indonesia pada akhirnya kelas SBI/RSBI ditiadakan karena pemerintah mulai sadar bahwa itu akan menciptakan kasta pendidikan yang dinilai tidak ada gunanya dalam menumbuh kembangkan kemampuan seorang anak).

5. Finlandia menggunakan 30 persen anggaran negaranya untuk bidang pendidikan (mengalahkan Amerika Serikat, yang notabene kita tahu banyak sekali perguruan tinggi terbaik dunia berada di Amerika Serikat).

6. Kurang lebih 70 persen siswanya masuk perguruan tinggi dan itu adalah angka tertinggi dari semua negara yang ada di eropa.

7. Semua siswa di Finlandia mempunyai kemampuan akademis yang sama karena tidak adanya kasta istimewa di sana dan semua dianggap sama tanpa adanya saling mengunggulkan, dan juga tidak ada sistem ranking di Finlandia seperti halnya di Indonesia.


 (photo : blogspot.com)


Latest
Previous
Next Post »