Top Universitas Terbaik Di Dunia

1. MASSACHUSETTS INSTITUTE OF TECHNOLOGY (MIT)

Massachusetts Institute of Technology  atau Institut Teknologi Massachusetts adalah suatu institusi riset dan penelitian swasta dan juga merupakan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts, berada tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT memiliki 5 sekolah dan satu kolese yang mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada bidang sains dan penelitian teknologi.

 (photo : archdaily.com)

(photo : mitadmissions.com)

Didirikan pada tahun 1861 sebagai bentuk respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada waktu itu, universitas terkemuka ini mengadopsi universitas riset ala Bangsa Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka pada tahun1916. Dalam kurun waktu sekitar 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain seperti manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan biologi. Departemen dan sekolah yang paling terkenal dari MIT adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute serta Sloan School of Management. Sebanyak 59 anggota dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel.

Untuk tahun ajaran 2009-2010, MIT memiliki 4,232 mahasiswa sarjana dan 6,152 mahasiswa pascasarjana. Kampus MIT sendiri terbagi menjadi 2 bagian oleh Massachusetts Avenue, dengan asrama mahasiswa dan fasilitas untuk mahasiswa terdapat di sebelah barat dan sekolahnya di sebelah timur. Juga terdapat jaringan kereta api dekat Kendall Square yang terletak di sebelah timur laut kampus ini. Di sekeliling bangunan kampusnya terdapat banyak sekali perusahaan teknologi.

Reaktor Nuklir MIT merupakan salah satu reaktor nuklir yang berbasis universitas terbesar di Amerika Serikat. Munculnya gedung reaktor di kawasan padat populasi ini memang agak kontroversial, tapi MIT mengatakan bahwa gedungnya sudah dalam pengawasan ketat. Kampus MIT juga memiliki terowongan angin bertekanan dan sebuah model kapal cekungan untuk mengetes kapal dan benda-benda kelautan. Jaringan nirkabel dalam kampus MIT sudah diselesaikan musim gugur 2005 yang bisa menjangkau lebih dari 873.000 m2 kawasan kampusnya.


2. STANFORD UNIVERSITY

 (photo : codeguida.com)

(photo : usnews.com)

Leland Stanford Junior University atau yang lazim dikenal sebagai Universitas Stanford adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Universitas Stanford terletak dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis. Universitas Stanford terletak di kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu bumi, dan Humaniora serta Sains. Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan selain berbagai kegiatan menjangkau ke masyarakat dan inisiatif relawan.

Luas Universitas Stanford adalah 32 km2. Kampus utamanya dibatasi oleh El Camino Real Stanford Avenue, Junipero Serra Boulevard dan Sand Hill Road di bagian barat laut dari Lembah Santa Clara di Jazirah San Francisco. Pada musim panas 1886, ketika kampus ini pertama kali dirancang, Stanford menghadirkan presiden dari Massachusetts Institute of Technology Francis Amasa Walker dan arsitek lansekap terkemukaBoston Frederick Law Olmsted ke pantai barat untuk memberikan konsultasi. Olmsted mengemangkan sebuah konsep umum untuk kampusnya serta bangunan-bangunannya. Ia menolak bagian yang berbukti-bukit dan lebih memilih permukaan yang datar, yang lebih praktis. Charles Allerton Coolidge kemudian mengembangkan konsep ini menurut gaya almarhum mentornya, Henry Hobson Richardson dalam gaya Romanesk Richardsonian, yang dicirikan oleh bangunan-bangunan batu persegi empat, yang dihubungkan dengan lorong-lorong beratap dengan lengkungan setelah lingkaran. Kampus aslinya juga dirancang dengan gaya colonial Spanyol yang lazim bagi California yang dikenal sebagai Mission Revival.

Stanford secara konsisten berada dalam jajaran universitas terbaik di dunia, baik dalam hal pengajaran sekaligus penelitian. Majalah U.S. News and World Report menempatkan Stanford pada peringkat 5 dunia untuk program sarjananya pada tahun 2009. Stanford juga ditempatkan pada peringkat 3 di dunia untuk universitas penelitian terbaik oleh Academic Ranking of World Universities (ARWU) pada tahun 2010. Pemeringkat lainnya, Times Higher Education World University Rankings, menempatkan Stanford di posisi ke-4 dunia sebagai universitas penelitian terbaik tahun 2010.


3. HARVARD UNIVERSITY

(photo : educated-choices.com) 

(photo : organiclifestylemagazine.com)

Universitas Harvard adalah universitas swasta yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan merupakan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia. Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.

Universitas Harvard adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia (US$22,6 miliar pada tahun 2004), hampir dua kali lipat Universitas Yale, pesaing terdekatnya. Rangking universitas Amerika Serikat keluaran US News tahun 2005 menempatkan Universitas Harvard dan Universitas Princeton bersama-sama di urutan pertama. Universitas Harvard juga meraih urutan pertama pada tahun2004, setelah lima tahun di posisi kedua dan ketiga. Times Higher Education Supplement World University Rankings juga menempatkan Universitas Harvard di urutan pertama


4. UNIVERSITY OF CAMBRIDGE

 (photo : wikimedia.com)

(photo : wordpress.com)

Universitas Cambridge adalah universitas kedua tertua di dunia yang berada di Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya, dan salah satu yang paling ketat di dunia. Catatan awal sudah tidak tersimpan lagi, namun universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, kemungkinan dibentuk pada tahun 1209 oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota tersebut.

Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain, dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Berdasarkan sejarah, mereka telah menghasilkan sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal.

Afiliasi dari Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel,lebih banyak dari universitas lain di dunia. Dari 80 pemenang Penghargaan Nobel ini, 70 pernah menghadiri Cambridge sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana, dan bukan sebagai associate atau profesor. Universitas Chicago berada di urutan ke-2 dalam afiliasi pemenang Penghargaan Nobel, dengan 79 orang, tetapi hanya 30 yang pernah belajar di Universitas Chicago sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana.


5. CALIFORNIA INSTITUTE OF TECHNOLOGY (CALTECH)

 (photo : global-edu.ru)

(photo : unigo.com)

California Institute of Technology atau yang biasanya dikenal dengan Caltech, adalah sebuah universitas swasta yang terbuka untuk laki-laki dan perempuan dan terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat.
Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik. Caltech memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa yang memimpin dunia yang dikenal dengan Jet Propulsion Laboratory. JPS mengamati desain dan operasi dari banyak penjajakan luar angkasa NASA, tidak seperti Laboratorium Nasional AS dan Pusat Luar Angkasa NASA lainnya, fasilitas JPS hanya dalam kontrak ke pemerintah.


6. UNIVERSITY OF OXFORD

(photo : ox.ac.uk) 

(photo : wikipedia.com)

Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris. Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan Universitas Cambridge. Kedua universitas ini sejak itu telah saling bersaing satu sama lain, dan merupakan dua perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya, yang sering dirujuk sebagai Oxbridge.

Universitas Oxford ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolesekonstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat Divisi. Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka, dan 58 penerima Hadiah Nobel pernah belajar atau memiliki afiliasi dengan Universitas Oxford. Universitas ini secara rutin bersaing dengan Universitas Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas di Britania Raya, dan menjadi salah satu dari dua universitas dengan program pascasarjana paling bergengsi.

Universitas Oxford adalah sebuah universitas yang tidak memiliki kampus utama, perguruan tinggi, departemen, penginapan, dan fasilitas lainnya tersebar di seluruh pusat kota. Science Area, tempat sebagian besar departemen keilmuan berada, adalah kawasan yang umumnya disebut dengan kampus.
Universitas Oxford memiliki sistem perpustakaan universitas terbesar di Britania Raya. Lebih dari 11 juta buku dimiliki oleh universitas ini, menjadikannya sebagai perpustakaan terbesar kedua di Britania Raya setelah Perpustakaan Britania.

Menurut Peringkat Universitas Dunia Times Higher Education tahun 2012, Oxford adalah salah satu dari enam universitas paling bergengsi di dunia. Dalam Times Higher Education World University Rankings 2013, Oxford menempati posisi dua di bawah Universitas Harvard, atau yang pertama di Britania Raya dan Eropa. Oxford juga menempati posisi satu selama tiga tahun berturut-turut dalam pemeringkatan Clinical, Pre-Clinical & Health. Oxford telah menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Good University Guide selama sebelas tahun berturut-turut, dan berada di posisi kedua dalam pemerinkatan The Guardian pada tahun 2013.


7. UCL (UNIVERSITY COLLEGE LONDON)

 (photo : ip.northwestern.edu)

(photo : ucl.ac.uk)

University College London (UCL) adalah universitas riset publik di London, Inggris dan perguruan tinggi konstituen dari federasi Universitas London. University College London dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di area London. Universitas ini adalah institusi pascasarjana terbesar di Inggris.

Didirikan pada tahun 1826 sebagai Universitas London, UCL adalah lembaga universitas pertama yang didirikan di London dan sekuler pertama di Inggris, menerima mahasiswa terlepas dari agama mereka, dan menerima perempuan atas dasar kesetaraan derajat dengan laki-laki. Filsuf Jeremy Benthamumumnya dianggap sebagai bapak spiritual UCL, ide-ide radikal tentang pendidikan dan masyarakat adalah inspirasi bagi pendirinya, meskipun keterlibatan langsung dalam perintisan cukup terbatas. UCL menjadi salah satu dari dua perguruan tinggi yang berdiri pada tahun 1836. Hal ini telah berkembang melalui merger dengan UCL Institute of Neurology (pada tahun 1997), UCL Eastman Dental Institute (pada tahun 1999), UCL Sekolah Studi Eropa Timur Slavia (pada tahun 1999), UCL Farmasi (pada tahun 2012) danInstitut Pendidikan (2014).

Kampus utama UCL terletak di Bloomsbury daerah pusat kota London, dengan sejumlah lembaga dan rumah sakit dan kampus rekanan di Adelaide, Australia dan Doha, Qatar. UCL terdiri dari 11 konstituen fakultas, di mana ada lebih dari 100 departemen, lembaga dan pusat penelitian. UCL bertanggung jawab untuk beberapa museum dan koleksi di berbagai bidang, termasuk Museum Arkeologi Mesir Petrie dan Hibah Museum Zoologi dan Perbandingan Anatomi.


8. IMPERIAL COLLEGE LONDON

 (photo : hallf.imperial.ac.uk)

(photo : uk.com) 

(photo : wikimedia.com)

Imperial College London adalah perguruan tinggi negeri riset di Inggris. Didirikan oleh Pangeran Albert, perguruan ini didirikan untuk menggiatkan pendidikan di bidang sains, perdagangan, dan seni, terdiri dari Natural History Museum, Museum Victoria dan Albert, Science Museum, Royal Albert Hall dan Imperial Institute. Imperial Institute didirikan oleh istrinya, Queen Victoria yang melakukan peletakan batu pertama. Kemudian dilanjutkan oleh Ratu Elizabeth II dan Duke of York yang membuka Imperial College Business School. Universitas ini terus tumbuh seiring bergabung dengan Sekolah Kedokteran Rumah Sakit St Mary, Charing Cross dan Sekolah Kedokteran Westminster, Royal Postgraduate Medical School dan Institut Jantung dan Paru Nasional. Awalnya merupakan salah satu bagian dariUniversitas London, Imperial menjadi institut terpisah pada ulang tahunnya yang ke-100.

Imperial dibagi menjadi 4 fakultas : sains, teknik, kedokteran, dan bisnis. Kampus utamanya berada diKensington Selatan. Universitas ini merupakan pusat penelitian biomedis utama dan pusat sains kesehatan akademis pertama di Britania Raya. Imperial merupakan anggota Russell Group, G5, Association of Commonwealth Universities, League of European Research Universities, dan Golden Triangle di Universitas Inggris.

Imperial secara konsisten berada di peringkat teratas di dunia, berada pada posisi 2 di 2015 QS World University Rankings dan ke-9 di 2015 Times Higher Education World University Rankings. Menurut The New York Times, para rekruiter menganggap siswanya termasuk di antara 10 yang paling dicari di dunia. Para alumni dan stafnya telah memperoleh 15 Penghargaan Nobel, 2 Medali Fields, 70 Fellows Royal Society, 82 Fellow Royal Academy of Engineering dan 78 Fellow Academy of Medical Sciences.


9. ETH ZURICH (SWISS FEDERAL INSTITUTE OF TECHNOLOGY)

(photo : startupsticker.ch) 

(photo : wikipedia.com)

Institut Teknologi Konfederasi Zurich merupakan salah satu universitas paling terkemuka di Swiss. Lembaga pendidikan tinggi ini berdiri tahun 1854 sebagai universitas negeri milik pemerintah Konfederasi Swiss dan berbeda dari Universitas Zurich yang milik pemerintah canton Zurich.

Dari universitas ini telah lahir banyak peraih Penghargaan Nobel, seperti Albert Einstein (perumus teori relativitas) dan Wolfgang Pauli (terkenal dengan Larangan Pauli). Wilhelm Conrad Rontgen, penemu sinar X, juga menempuh studi di sini. Tradisi berprestasi di tingkat dunia pada bidang kimia, fisika, dan fisika terapan pada masa lampau dilanjutkan saat ini di bidang bioteknologi danbiologi molekular.


10. CHICAGO UNIVERSITY

(photo : luc.edu) 

(photo : veritas.org)


Universitas Chicago adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890. William Rainey Harper menjadi presiden atau rektor pertama pada tahun 1891 dan kelas-kelas pertama diadakan pada tahun 1892.
Previous
Next Post »