Universitas Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Saat ini perguruan tinggi di Indonesia telah mencapai 3.151 perguruan tinggi. Ada sekitar 3.068 perguruan tinggi swasta dan  83 perguruan tinggi negeri yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Berikut adalah beberapa universitas terbaik di Indonesia yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan oleh dunia :

1. UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM)

 (sumber : blogspot.com)

(sumber : wordpress.com)

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas negeri paling tua di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949. Kampus UGM yang terletak di Yogyakarta merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, tetapi sekarang telah memiliki 18 Fakultas dan dua Sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana, dan memiliki lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada terletak di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada terdiri dari beberapa jurusan dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dan Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang selalu masuk dalam 3 besar universitas terbaik Indonesia bersama dengan Institut Teknologi Bandung.


2. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (ITB)

 (sumber : itb.ac.id)

(sumber : fedu.ac.jp)

Institut Teknologi Bandung merupakan suatu perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Bandung. Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik. Saat ini ITB telah memiliki 20 program studi yang terakreditasi secara internasional.

Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. Walaupun setiap institusi pendidikan tinggi yang menjadi bagian dari ITB sekarang ini memiliki karakteristik dan misi masing-masing,  tetapi semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB sebagai salah satu kampus ternama di Indonesia.


3. UNIVERSITAS INDONESIA (UI)

(sumber : ui.ac.id) 

(sumber : wikipedia.org)

Universitas Indonesia memiliki kampus utama yang terletak di bagian Utara dari Kota Depok  persis di perbatasan antara Depok dengan wilayah dari Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.  Kampus ini telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum Universitas Indonesia dianggap dan dikenal sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.


4. INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

(sumber : ipb.ac.id) 

(sumber : reportsekampus.com)

Institut Pertanian Bogor merupakan perguruan tinggi pertanian negeri yang bertempat di Kota Bogor. Sebelumnya IPB merupakan bagian dari Perguruan Tinggi Universitas Indonesia, tetapi kemudian IPB melepaskan diri dari Universitas Indonesia pada tahun 1963. Namun meskipun lepas dari UI, tidak butuh waktu lama bagi IPB untuk menjelma  menjadi perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2013, BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor memperoleh status terakreditasi dengan nilai 375 yaitu peringkat A yang menandakan perguruan tinggi dengan penilaian sangat baik.


5. UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP)

(sumber : blogspot.com) 

(sumber : flickr.com)

Universitas Diponegoro  berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat kemerdekaan inilah yang turut menginspirasi didirikannya perguruan tinggi Undip. Universitas Diponegoro memperoleh akreditasi A (Sangat Baik) dengan skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang berlaku dari tahun 2013-2018.


6. UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UNIBRAW / UB)

(sumber : blogspot.com) 

(sumber : terkininews.com)

Universitas Brawijaya adalah lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 dan berada di Kota Malang. Jumlah mahasiswa Unibraw saat ini telah mencapai lebih dari 55 ribu orang dari berbagai tingkatan mulai program Diploma, program Sarjana, program Magister, dan program Doktor selain program Spesialis yang tersebar menjadi 15 Fakultas dan 2 Program pendidikan setara fakultas. Pada thun 2009, Universitas Brawijaya mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Pada akreditasi selanjutnya tahun 2014, Universitas Brawijaya kembali mendapatkan Akreditasi A.

Universitas Brawijaya memiliki kampus utama yang berpusat di Malang dan cabang yang lain ada di Kediri, Kasembon, Jakarta, dan Probolinggo untuk pendidikan maupun penelitian. Saat ini ada tiga fakultas yang terakreditasi Internasional yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Ilmu Administrasi. Sedangkan untuk semua fakultas, lembaga, dan unit telah mendapatkan sertifikat manajemen ISO. Universitas Brawijaya memiliki visi menjadi World Class Entrepreneurial University untuk terus mengembangkan dan memperbaiki internal maupun eksternal kampus untuk mewujudkan visi tersebut. Lahan kampus utama Unibraw memiliki luas 58 ha yang terletak di kawasan barat kota Malang. Gedung-gedung dalam Kampus Unibraw pada umumnya berarsitektur khas Jawa.


7. UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR)

(sumber : unair.ac.id) 

(sumber : unair.ac.id)

Universitas Airlangga merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ternama di Provinsi Jawa Timur ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Berdasarkan data yang diperoleh pada kuartal kedua tahun 2015, terdapat 38.047 mahasiswa yang terdaftar di Perguruan Tinggi Unair.


8. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER (ITS)

(sumber : wordpress.com) 

(sumber : its.ac.id)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember terletak di Kota Surabaya. ITS awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik pada tahun 1957. Dies Natalis ITS pertama kali adalah pada tanggal 10 November 1960. Nama ITS sendiri mulai digunakan dan ditetapkan pada tahun 1961. Dalam visi perguruan tinggi awal, ITS ditujukan untuk mendidik para pemimpin yang unggul di bidang sains dan teknologi, untuk mengangkat Republik Indonesia menjadi negara berperadaban maju dan berkompetensi tinggi.


9. UNIVERSITAS PADJAJARAN (UNPAD)

(sumber : kawankumags.com) 

(sumber : unpad.ac.id)

Universitas Padjadjaran terletak di Bandung, Jawa Barat. Pada tanggal 20 Oktober 2014, universitas ini berubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah (PP) yang ditandatangani oleh mantan Republik Indonesia Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan oleh tim independen yang dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Dan pada tahun 2014, oleh BAN-PT Universitas Padjajaran mendapat nilai A (sangat baik).


10. UNIVERSITAS HASANUDIN (UNHAS)

(sumber : spescuh.ac.id) 

(sumber : blogspot.com)

Universitas Hasanuddin merupakan perguruan tinggi negeri di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Perguruan tinggi  ini berdiri pada tanggal 11 Juni 1956. Universitas Hasanudin ini pada awalnya merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjabat sebagai Wakil Presiden.  Saat ini Kampus Unhas menempati areal seluas 220 hektare di Daerah Tamalanrea dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Sejak akhir tahun 2006 Fakultas di Universitas hasanuddin bertambah 1 yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yaitu Fakultas Kehutanan. Saat ini telah dikembangkan kampus baru Universitas Hasanudin yang dikhususkan untuk Fakultas Teknik yang berlokasi di bekas pabrik kertas Gowa di kabupaten Gowa. Kampus baru ini mulai dipergunakan sejak tahun 2006 walaupun masih dalam tahap renovasi dan pembangunan gedung serta masih dilakukan pengadaan fasilitas.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
28 Mei 2020 pukul 07.30 delete

Universitas Medan Area PTS Terbaik di medan saat ini loh..Kunjungi websitenya ya..

Reply
avatar