Buah-buahan bernutrisi tinggi bagi kesehatan tubuh



Manfaat buah-buahan adalah dapat menjamin agar kesehatan anda tetap optimal dalam jangka panjang. Buah-buahan dapat menjadi makanan yang bermanfaat bagi anda karena buah merupakan sumber alami dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menunjang fungsi tubuh yang baik. Kandungan serat yang banyak pada buah juga membantu dan mengoptimalkan fungsi pencernaan dalam tubuh kita. Buah juga merupakan bagian penting dari diet yang sehat terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi yang seimbang dan menjaga kesehatan tubuh kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang memiliki banyak kandungan manfaat serta nutrisi tinggi bagi tubuh kita.


1.                   BLACKBERRY

(buah blackberry : perutgendut.com)

Nilai komposisi nutrisi yang terkandung pada buah blackberry adalah sebesar 64. Buah blackberry termasuk buah yang populer untuk di jadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Buah blackberry dikenal kaya akan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kita. Sumber lain menyebutkan bahwa buah blackberry memiliki sifat-sifat yang baik untuk menjaga keseimbangan dan kebugaran tubuh. Buah blackberry memiliki sifat mampu menyerap radikal oksigen untuk melawan radikal perosokil,   hidrogen peroksida, superoksida, singlet oksigen, dan radikal hidroksil. Hal ini dapat kita lihat dari berbagai manfaat buah blackberry bagi tubuh antara lain adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga fungsi organ pencernaan, dapat menyembuhkan luka, menghambat pertumbuhan sel kanker dan mampu melindungi mata.


2.                   RASPBERI

(buah raspberi : pixabay.com)

Nilai komposisi nutrisi yang terkandung pada buah raspberi adalah sebesar 61. Raspberry adalah buah yang masih tergabung dalam keluarga Rosaceae dengan genus Rubus. Raspberry mengandung serat dan rendah lemak jenuh. Buah ini kaya dengan fitokimia fenolikflavonoid berupa antosianin, assam ellagic (tannin), quercetin, asam galat, cyanidin, katein, kaempferol, dan asam salisilat. Semua bentuk antioksidan tersebut memberikan manfaat dalam memerangi pengaruh buruk radikal bebas seperti kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit degeneratif saraf. Dalam buah raspberry juga terkandung xylitol yang biasa dipakai untuk pemains alami pengganti gula. Ada pula kandungan vitamin A, B kompleks, C, E, kaliummangantembaga, besi dan magnesium dalam buah raspberi.


3.                   JAMBU BIJI

(buah jambu biji : merdeka.com)  
  
Nilai komposisi nutrisi yang terkandung pada buah jambu biji adalah sebesar 55. Jambu biji merah memiliki nama latin Psidium guajava. Tanaman buah ini sangat mudah dijumpai di benua Asia termasuk di indonesia ini . Jambu biji merah memiliki perpaduan rasa asam dan manis. Jambu biji terkenal dengan tingginya kadar vitamin C dan juga vitamin A. Kandungan vitamin C dalam jambu biji lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang mengandung vitamin C sebesar 49 mg/100 gram. Dan vitamin C yang terkandung dalam buah jambu biji ini lebih terkonsentrasi pada kulit dan daging buah bagian luarnya yang tebal. Biasanya kandungan vitamin C di dalam buah ini akan mencapai jumlah yang maksimal menjelang matang.  Adapun manfaat jambu biji merah bagi kesehatan antara lain adalah mencegah kanker, melancarkan sistem pencernaan, menjaga fungsi otak dan syaraf dan juga sebagai  penangkal radikal bebas.


4.                   KIWI

(buah kiwi : deherba.com)

Nilai komposisi nutrisi yang terkandung pada buah kiwi adalah sebesar 48. Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah sawo yakni berwarna cokelat, daging buahnya berwarna hijau terang dan bisa langsung dimakan. Beberapa khasiat yang dapat diperoleh dari buah Kiwi adalah Anti-hipertensi, menangkal radikal bebas, kesehatan mata, mengatasi masalah pencernaan, bermanfaat bagi kesehatan wanita hamil dan mengurangi resiko Alzheimer.


5.                    PEPAYA

(buah pepaya : ahlipenyakitmata.com)

Nilai komposisi nutrisi yang terkandung pada buah pepaya adalah sebesar 47. Buah Pepaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dibalik rasa manisnya, tanaman asli negara meksiko ini mengandung vitamin dan serat yang sangat baik bagi kesehatan. Buah ini juga mengandung beberapa zat dapat meningkatkan kesehatan manusia. Hampir 50% vitamin tersimpan dalam buah pepaya, jadi mustahil betul jika pepaya tidak berperan penting dalam mengontrol kondisi kesehatan seseorang. Diantara manfaat buah pepaya antara lain adalah kesehatan kulit, mengoptimalkan fungsi pencernaan, meminilasir risiko mata rusak, menangkal radikal bebas, obat bekas gigitan ular berbisa, obat kulit melepuh, obat untuk menambah nafsu makan dan sebagai obat flu.








Previous
Next Post »